Dalam dunia akademik, publikasi ilmiah merupakan sarana utama untuk menyebarluaskan hasil penelitian, berbagi pengetahuan, serta membangun reputasi individu maupun institusi. Melalui publikasi, seorang peneliti tidak hanya menunjukkan kontribusinya terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, tetapi juga membuka ruang dialog ilmiah yang memperkaya khazanah keilmuan global. Namun, proses publikasi tidak dapat dipisahkan dari aspek etika akademik yang menjadi fondasi integritas ilmuwan. Kejujuran dalam pelaporan data, keaslian karya, penghargaan terhadap hak cipta, serta tanggung jawab sosial terhadap hasil penelitian merupakan nilai-nilai etis yang harus dijunjung tinggi dalam setiap karya ilmiah.
Mata kuliah Publikasi Ilmiah dan Etika ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman konseptual dan keterampilan praktis dalam menulis, menyusun, dan mempublikasikan karya ilmiah sesuai dengan standar akademik nasional maupun internasional. Selain itu, mahasiswa akan diperkenalkan pada prinsip-prinsip etika penelitian dan publikasi, seperti pencegahan plagiarisme, penentuan authorship, konflik kepentingan, serta tata cara komunikasi ilmiah yang profesional.
Melalui kombinasi antara teori dan praktik, mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan publikasi ilmiah yang berkualitas dan berintegritas tinggi, sekaligus memahami tanggung jawab moral yang melekat pada profesi akademisi dan peneliti. Dengan demikian, mata kuliah ini tidak hanya mengajarkan how to publish, tetapi juga why ethics matter dalam seluruh proses ilmiah.
Berikut dibawah ini RPS dan Power Point:
- RPS ---->Download
- Pengatar Publikasi ilmiah---->Download
- Struktur IMRAD---->Download
- Judul, Abstrak---->Download
- Pendahuluan dan Literatur Review---->Download
- Metode--->Download
- Hasil dan Pembahasan---->Download
- Kesimpulan dan implikasi---->Download
- Etika publikasi ilmiah----> Download
- Alat bantu menulis artikel---->Download
- Pemilihan jurnal target---->Download
- Teknik submit artikel----->Download
- Proses reviewer dan respon---->Download









0 comments:
Post a Comment